Wednesday, November 16, 2016

Cara Sederhana Dalam Mengobati Gejala Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Ini sederhana Cara Bantuan Mengobati Gejala Penyakit Paru

Apotekers.com Sering batuk, sesak nafas meningkat disertai dengan sesak dibagian dada adalah beberapa gejala utama dari penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Jika anda pernah mengalami hal tersebut maka segerakanlah ke dokter untuk memeriksanya.

PPOK sebernarnya penyakit paru-paru yang mempengaruhi aliran udara dan menyebabkan kesulitan bernafas. Hal ini jika tidak cepat diobati dapat menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius, seperti kerusakan paru-paru yang sangat parah, hipertensi dan dapat menyebabkan masalah pada jantung juga.

Jadi apa sebenarnya yang menyebabkan PPOK, tentu diantaranya menghirup polutan, hal yang paling umum adalah ketika menghirup asap rokok, debu, asap kendaraan bermotor, polutan kimia yang banyak ditemukan di lingkungan merupakan faktor-faktor utama penyebab penyakit paru obstruktif kronis. Dalam kasus-kasus tertentu juga dipengaruhi oleh genetik seseorang.

Jika kamu mencari jalan keluar untuk mengontrol gejala dan mencegah kerusakan paru lebih berat, maka perubahan dari pola hidup yang tidak sehat menjadi pola hidup sehat, menjadikan obat alami yang dapat membantu mengobati PPOK ini.

Berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk mengobati gejala PPOK.

1. Berhentilah merokok
Racun berbahaya dan bahan kimia dari rokok dapat memperparah iritasi paru-paru, maka berhenti merokok merupakan salah satu cara terbaik untuk mengobati PPOK.

2. Banyaklah minum air putih
Hal ini merupakan suatu yang penting untuk meminum banyak air, karena hal ini sangat membantu untuk menhidrasi tubuh serta untuk penipisan lendir dan dengan demikian secara otomatis mempermudah dalam bernafas.

3. Makan-makanan yang sehat
Makanan yang sehat sangat penting untuk mengontrol PPOK, mengkonsumsi protein rendah lemak, biji-bijian, banyak buah-buahan mapun sayuran segar dan tentunya mengurangi mengkonsumsi garam. Hal tersebut sangat lah dianjurkan untuk penderita PPOK.

4. Olahraga ringan
Sebuah olahraga sederhana dan ringan yaitu berjalan cepat serta melatih pernafasan, membantu untuk meningkatkan otot pernafasan, sehingga secara perlahan PPOK dapat teratasi dengan sendirinya.

5. Hindari tempat ramai
Hindari pergi ketempat-tempat yang ramai, terutama daerah kawasan industri yang banyak polutan seperti asap dan debu, Hal ini lebih lanjut akan mempengaruhi kondisi dari paru-paru.

6. Terapi minyak kayu putih
Masukan beberapa tetes minyak kayu putih didalam air panas, dan kemudian hiruplah uap yang ditimbulkan tersebut. Hal ini dapat membantu meningkatkan pernafasan dan mengurangi gejala PPOK.

7. Meningkatkan Asupan Vitamin D:
Mereka yang menderita PPOK, asupan vitamin D sangatlah penting yang dapat membantu memerangi sejumlah virus maupun bakteri. Meningkatkan asupan vitamin D seperti dari telur, ikan berlemak dan paparan sinar matahari sangat lah membantu untuk mengurangi gejala PPOK.

8. Mengurangi stres
Hal lain yang wajib anda lankukan adalah mengurangi stres, karena stres merupakan kontributor utama bagi PPOK. Ketika pikiran santai tidak ada tekanan maka akan meningkatkan pernafasan.

Boldsky


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon